Archive

Archive for December, 2010

Summary of (My) 2010

December 31, 2010 Leave a comment

Banyak hal terjadi di tahun 2010 dalam hidup saya. Hmm.. Mari mengingat kembali sebagai summary kehidupan setahun ini.. 🙂

This slideshow requires JavaScript.

  1. Tanggal 4-6 Februari, untuk pertama kalinya menginjakkan kaki ini di luar bumi pertiwi! THAILAND! Tepatnya di Phuket. Menyusuri jalanan Patong, belanja-belanji, menyusuri Wat Chalong, Krabi, Maya Bay, Phi-Phi, what a great time!
  2. Assignment beberapa hari di Santos Jakarta sekitar Februari juga. Tapi kali ini beda.. karena ada sahabat saya Wiranti yang ikutan juga! We go crazy for two at Dufan! Yeaaahhhh.. 😀 Awalnya ya bermewah-mewah stay bareng di hotel karena diprovide kantor. Tapi beberapa hari kemudian kami membambung-bambung cari tumpangan kesana kemari.. wkwkwkwk..
  3. The journey continues.. Awal Maret it’s time to jazzy jazz at Java Jazz Festival with Puput! Ayeeeyyy.. :p Sebenernya ribet juga deh, penuh sesak dengan manusia di JIExpo Kemayoran. Apalagi waktu itu susah untuk telekomunikasi pake hp karena sinyalnya diacak (thanks to Axis yang sengaja ngacak sinyal –“) Tapi ya.. penampilan Maliq n D’Essentials & Glenn Fredly waktu itu cukup ampuh mengobati kebetean kami. Eh iya, sempet foto dengan kang Andre Hehanusa juga lhoh.. hehe..
  4. Still at the same day like number 4, foto-foto super narsis di Kota Tua. Seneng banget keliling2 pake sepeda ama foto2 (difotoin bapaknya) cuma bayar 25ribu per orang. Dan si bapak itu pinter capture gambar lhoh. Awalnya foto-foto di museum Fatahillah, depan Kantor Pos Besar itu. Lalu si bapak mengajak ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari, Jembatan Kota Intan (kayak nama saya ya? :p) dan ke rumah yang warnanya merah (lupa namanya apa). So much fun for sure!
  5. Tanggal 2-4 April, bareng BFF Dyaisback melanjutkan perjalanan ‘keluar’ yang kedua: Singapore! Menyusuri jalanan sekitar Bugis, Little India, Sentosa Island, dan tentunya Marina Bay.. Yayy! Kesan-kesan selama di Singapore? Kaki gempor. Ya namanya juga turis, kemana-mana ya eksplornya jalan kaki donk..(baca: ini turis paket hemat alias kere. Jadi ya duitnya ngirit sangat. Daripada dibuat naik taxi ya on foot aja deh..hehe)
  6. Empat tahun sudah ayahanda menutup mata di bulan Mei 2010 ini.
  7. First time rafting at Noars, Pekalen, Probolinggo. Superb! Kali ini bersama Wiranti, Dina, Je, Rizki, Arie, Erky. Saya sendirian yang nggak bawa pasangan 😦 *tears* Eh tapi tidak menyurutkan semangat lhoh.. Karena menyusuri Sungai Pekalen sepanjang 12 km selama kurang lebih 2 jam itu bener-bener menyenangkan! Durasi itu nggak terasa begitu cepat berlalu gitu aja. Wahhh.. kapan-kapan kesana lagi yuk, temanssss..*jingkrak-jingkrak*
  8. Akhir Mei, liburan keluarga ke Pulau Dewata: mana lagi kalo bukan di Pulau Legendaris Bali 🙂 Selama di Pulau Dewata, tempat-tempat yang dikunjungi standar sih.. antara lain Dreamland, Pasar Sukowati, Tanjung Benoa, Pantai Kuta, dinner di tepi pantai di Djimbaran, dan Tanah Lot. Kapan lagi bisa bersenang-senang bersama keluarga seperti ini? Nice!
  9. Sepertinya sekitar Juni ke Jogja deh, untuk ikutan tes Conoco Phillips. Nggak banyak cerita sih, karena nggak kemana-mana. Yah, whatever, Jogja rocks.
  10. Di tahun ini adik saya Betalia Febianita berhasil lulus dari SDN Pucangjajar dan Alhamdulillah diterima di SLTP Negeri 1 Surabaya. (sama seperti tempat saya sekolah dahulu. Favorit se-Jawa Timur lhoh :D)
  11. Pertama kali mengunjungi House Of Sampoerna di Surabaya.. Hahahaha.. kasian banget ya aku?? Hehe :p Kunjungan ini bareng bff Dyaisback, Kiki, and Kang Agus. Dari awal emang udah direncanakan mau pake dresscode Spongebob Squarepants! Dan mohon maaf ya Kang Agus, malu ya pake baju Spongebob kuning-kuning begitu?? Hahaha..
  12. Mengikuti serangkaian tes kerja mulai DepLu, Indonesia Power, Depkeu, dan rupanya saya berjodoh dengan DepLu.. Alhamdulillah 🙂
  13. Blackberry Gemini-ku hilang di Tunjungan Plaza… huuuaaaaaa… T_T
  14. Tapi Alhamdulillah masih diberi Allah Swt rejeki untuk beli Blackberry Onyx White sebagai pengganti yang hilang 🙂
  15. I must say goodbye to my beloved Peugot 306 yang akhirnya laku terjual.. Oh tidak.. sedih sekali berpisah denganmu, sayang.. ;( Memang sih dia mulai rewel dan banyak problem teknis disana-sini. Dan tahu sendiri lah, spare parts untuk mobil Eropa memang mahal-mahal-mahal-mahal-mahal-mahal..*sampe fadeout tetep aja mahal* Semoga kamu lebih terawat dengan pemilikmu yang baru ya, sayang.. Terima kasih banyak telah menemani hari-hari kami beberapa tahun ini..
  16. Bulan penuh keajaiban: NOVEMBER! Pengumuman penerimaan Deplu.. Bertepatan pula dengan ulang tahun saya ke-24, yang sangat membahagiakan karena saya mendapat kejutan dari teman-teman di kantor! Diguyur air, dikasi kejutan, lucu banget mengingat mereka semua itu laki-laki.. tapi rupanya bisa so sweet juga ya si bapak-bapak ini..hehe. Yang jelas saya bahagia, Ya Allah.. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar..

.

Regards,

Intan

Finally.. SENT.

December 29, 2010 2 comments

Not so many words to say. Just take a look at the letter below (:

Dear Sir,

I am writing to inform you that I am officially resigning from my position as Grati OPF – Administration Assistant for the Santos Pty Ltd under PT. Proservindo Pratama effective Monday, January 10th 2010.

This was not an easy decision to make. Working for Santos for the past 20 months has been a wonderful experience. I could not ask for a better group of colleagues. I have grown in many ways here and will always treasure the opportunities provided for me. While I will miss my friends here at Santos, I feel that it is time for a new challenge and experience.

Thank you for the opportunity to work with the company. It has been a great experience and I appreciate the support the company has provided me in grooming myself into a successful person.

If there is anything I can do to be of assistance during the transition, please let me know. I wish you and the company the very best.

Sincerely,

Elvitria Intan Novita

And here is the screenshot of the letter.

Categories: Just Me Tags: ,

Proposal Nikah (Repost)

December 20, 2010 10 comments

Ibunda dan Ayahanda yang sangat aku hormati, saya cintai dan sayangi, semoga Allah selalu memberkahi langkah-langkah kita dan tidak putus-putus memberikan nikmatNya kepada kita.

Amin………..

Ibunda dan Ayahanda yang sangat aku hormati..sebagai hamba Allah, aku telah diberi berbagai nikmat.

Maha Benar Allah yang telah berfirman : “Kami akan perlihatkan tanda-tanda kebesaran kami di ufuk-ufuk dan dalam diri mereka, sehingga mereka dapat mengetahui dengan jelas bahwa Allah itu benar dan Maha Melihat segala sesuatu”.

Nikmat tersebut diantaranya ialah fitrah kebutuhan biologis, saling membutuhkan terhadap lawan jenis.. yaitu: Menikah… !

Fitrah pemberian Allah yang telah lekat pada kehidupan manusia, dan jika manusia melanggar fitrah pemberian Allah, hanyalah kehancuran yang didapatkannya..Na’udzubillah… !

Dan Allah telah berfirman : “Janganlah kalian mendekati zina, karena zina adalah perbuatan yang buruk lagi kotor” (Qs. Al Israa’ : 32).

Ibunda dan Ayahanda tercinta..melihat pergaulan anak muda dewasa itu sungguh amat memprihatinkan, mereka seolah tanpa sadar melakukan perbuatan-perbuatan maksiat kepada Allah.

Seolah-olah, dikepala mereka yang ada hanya pikiran-pikiran yang mengarah kepada kebahagiaan semu dan sesaat.

Belum lagi kalau ditanyakan kepada mereka tentang menikah.

“Aku nggak sempat mikirin kawin, sibuk kerja, lagipula saya masih ngumpulin barang dulu,” ataupun Kerja belum mapan , belum cukup siap untuk berumah tangga¡¨, begitu kata mereka, padahal kurang apa sih mereka.

Mudah-mudahan saya bisa bertahan dan bersabar agar tak berbuat maksiat. Wallahu a’lam.

Ibunda dan Ayahanda tersayang..bercerita tentang pergaulan anak muda yang cenderung bebas pada umumnya, rasanya tidak cukup tinta ini untuk saya torehkan.

Setiap aku menulis peristiwa anak muda, pada saat yang sama terjadi pula peristiwa baru yang menuntut perhatian kita..Astaghfirullah..

Ibunda dan Ayahanda..inilah antara lain yang melatar belakangi aku ingin menyegerakan menikah.

Dasar Pemikiran

Dari Al Qur’an dan Al Hadits :

  1. “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan.

JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA.

Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur (24) : 32).

  1. “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyaat (51) : 49).
  2. ¨Maha Suci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui¡¨ (Qs. Yaa Siin (36) : 36).
  3. Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik (Qs. An Nahl (16) : 72).
  4. Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (Qs. Ar. Ruum (30) : 21).
  5. Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi pelindung (penolong) bagi sebahagian yang lain.

Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasulnya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah ; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Qs. At Taubah (9) : 71).

  1. Wahai manusia, bertaqwalah kamu sekalian kepada Tuhanmu yang telah menjadikan kamu satu diri, lalu Ia jadikan daripadanya jodohnya, kemudian Dia kembangbiakkan menjadi laki-laki dan perempuan yang banyak sekali. (Qs. An Nisaa (4) : 1).
  2. Wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik. Lelaki yang baik untuk wanita yang baik pula (begitu pula sebaliknya). Bagi mereka ampunan dan reski yang melimpah (yaitu : Surga) (Qs. An Nuur (24) : 26).
  3. ..Maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja..(Qs. An Nisaa’ (4) : 3).
  4. Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak pula bagi perempuan yang mukminah apabila Allah dan RasulNya telah menetapkan suatu ketetapan akan ada bagi mereka pilihan yang lain tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan RasulNya maka sesungguhnya dia telah berbuat kesesatan yang nyata. (Qs. Al Ahzaab (33) : 36).
  5. Anjuran-anjuran Rasulullah untuk Menikah : Rasulullah SAW bersabda: “Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku !”(HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a.).
  6. Empat macam diantara sunnah-sunnah para Rasul yaitu : berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah (HR. Tirmidzi).
  7. Dari Aisyah, “Nikahilah olehmu kaum wanita itu, maka sesungguhnya mereka akan mendatangkan harta (rezeki) bagi kamu¡¨ (HR. Hakim dan Abu Dawud). 14.

Jika ada manusia belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya akan timpang dan tidak berjalan sesuai dengan ketetapan Allah Subhanaahu Wa Ta’ala dan orang yang menikah berarti melengkapi agamanya, sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam: “Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separoh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separoh lainnya.” (HR. Baihaqi).

  1. Dari Amr Ibnu As, Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya ialah wanita shalihat.(HR. Muslim, Ibnu Majah dan An Nasai).
  2. “Tiga golongan yang berhak ditolong oleh Allah  (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim) : a. Orang yang berjihad / berperang di jalan Allah. b. Budak yang menebus dirinya dari tuannya. c. Pemuda / i yang menikah karena mau menjauhkan dirinya dari yang haram.”
  3. “Wahai generasi muda ! Bila diantaramu sudah mampu menikah hendaklah ia nikah, karena mata akan lebih terjaga, kemaluan akan lebih terpelihara.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud).
  4. Kawinlah dengan wanita yang mencintaimu dan yang mampu beranak. Sesungguhnya aku akan membanggakan kamu sebagai umat yang terbanyak (HR. Abu Dawud).
  5. Saling menikahlah kamu, saling membuat keturunanlah kamu, dan perbanyaklah (keturunan). Sesungguhnya aku bangga dengan banyaknya jumlahmu di tengah umat yang lain (HR. Abdurrazak dan Baihaqi).
  6. Shalat 2 rakaat yang diamalkan orang yang sudah berkeluarga lebih baik, daripada 70 rakaat yang diamalkan oleh jejaka (atau perawan) (HR. Ibnu Ady dalam kitab Al Kamil dari Abu Hurairah).
  7. Rasulullah SAW. bersabda : “Seburuk-buruk kalian, adalah yang tidak menikah, dan sehina-hina mayat kalian, adalah yang tidak menikah” (HR. Bukhari).
  8. Diantara kamu semua yang paling buruk adalah yang hidup membujang, dan kematian kamu semua yang paling hina adalah kematian orang yang memilih hidup membujang (HR. Abu Ya¡¦la dan Thabrani).
  9. Dari Anas, Rasulullah SAW. pernah bersabda : Barang siapa mau bertemu dengan Allah dalam keadaan bersih lagi suci, maka kawinkanlah dengan perempuan terhormat. (HR. Ibnu Majah,dhaif).
  10. Rasulullah SAW bersabda : Kawinkanlah orang-orang yang masih sendirian diantaramu. Sesungguhnya, Allah akan memperbaiki akhlak, meluaskan rezeki, dan menambah keluhuran mereka (Al Hadits).

Tujuan Pernikahan

  1. Melaksanakan perintah Allah dan Sunnah Rasul.
  2. Melanjutkan generasi muslim sebagai pengemban risalah Islam.
  3. Mewujudkan keluarga Muslim menuju masyarakat Muslim.
  4. Mendapatkan cinta dan kasih sayang.
  5. Ketenangan Jiwa dengan memelihara kehormatan diri (menghindarkan diri dari perbuatan maksiat / perilaku hina lainnya).
  6. Agar kaya (sebaik-baik kekayaan adalah isteri yang shalihat).
  7. Meluaskan kekerabatan (menyambung tali silaturahmi / menguatkan ikatan kekeluargaan)

Kesiapan Pribadi

  1. Kondisi Qalb yang sudah mantap dan makin bertambah yakin setelah istikharah. Rasulullah SAW. bersabda : ¡§Man Jadda Wa Jadda¡¨ (Siapa yang bersungguh-sungguh pasti ia akan berhasil melewati rintangan itu).
  2. Termasuk wajib nikah (sulit untuk shaum).
  3. Termasuk  tathhir (mensucikan diri).
  4. Secara materi, Insya Allah siap. Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya¡¨  (Qs. At Thalaq (65) : 7)

Akibat Menunda atau Mempersulit Pernikahan

  • Kerusakan dan kehancuran moral akibat pacaran dan free sex.
  • Tertunda lahirnya generasi penerus risalah.
  • Tidak tenangnya Ruhani dan perasaan, karena Allah baru memberi ketenangan dan kasih sayang bagi orang yang menikah.
  • Menanggung dosa di akhirat kelak, karena tidak dikerjakannya kewajiban menikah saat syarat yang Allah dan RasulNya tetapkan terpenuhi.
  • Apalagi sampai bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia bersunyi sepi berduaan dengan wanita yang tidak didampingi mahramnya, karena yang menjadi pihak ketiganya adalah syaitan.” (HR. Ahmad) dan “Sungguh kepala salah seorang diantara kamu ditusuk dengan jarum dari besi lebih baik, daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya” (HR. Thabrani dan Baihaqi)..
  • Astaghfirullahaladzim..
  • Na’udzubillahi min dzalik

Namun, umumnya yang terjadi di masyarakat di seputar pernikahan adalah sebagai berikut ini :

  • Status yang mulia bukan lagi yang taqwa, melainkan gelar yang disandang:Ir, DR, SE, SH, ST, dsb
  • Pesta pernikahan yang wah / mahar yang tinggi, sebab merupakan kebanggaan tersendiri, bukan di selenggarakan penuh ketawadhu’an sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. (Pernikahan hendaklah dilandasi semata-mata hanya mencari ridha Allah dan RasulNya.
  • Bukan di campuri dengan harapan ridha dari  manusia (sanjungan, tidak enak kata orang).
  • Aku yakin sekali.. bila Allah ridha pada apa yang kita kerjakan, maka kita akan selamat di dunia dan di akhirat kelak.)
  • Pernikahan dianggap penghalang untuk menyenangkan orang tua.
  • Masyarakat menganggap pernikahan akan merepotkan Studi, padahal justru dengan menikah penglihatan lebih terjaga dari hal-hal yang haram, dan semakin semangat menyelesaikan kuliah.

Memperbaiki Niat :

Innamal a’malu binniyat……. Niat adalah kebangkitan jiwa dan kecenderungan pada apa-apa yang muncul padanya berupa tujuan yang dituntut yang penting baginya, baik secara segera maupun ditangguhkan.

Niat Ketika Memilih Pendamping

Rasulullah bersabda “Barangsiapa yang menikahkan (putrinya) karena silau akan kekayaan lelaki meskipun buruk agama dan akhlaknya, maka tidak akan pernah pernikahan itu dibarakahi-Nya, Siapa yang menikahi seorang wanita karena kedudukannya, Allah akan menambahkan kehinaan kepadanya, Siapa yang menikahinya karena kekayaan, Allah hanya akan memberinya kemiskinan, Siapa yang menikahi wanita karena bagus nasabnya, Allah akan menambahkan kerendahan padanya, Namun siapa yang menikah hanya karena ingin menjaga pandangan dan nafsunya atau karena ingin mempererat kasih sayang, Allah senantiasa memberi barakah dan menambah kebarakahan itu padanya.”(HR. Thabrani).

“Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya, mungkin saja kecantikan itu membuatmu hina. Jangan kamu menikahi wanita karena harta / tahtanya mungkin saja harta / tahtanya membuatmu melampaui batas. Akan tetapi nikahilah wanita karena agamanya.

Sebab…. seorang budak wanita yang shaleh, meskipun buruk wajahnya adalah lebih utama”. (HR. Ibnu Majah).

Nabi SAW. bersabda : Janganlah kalian menikahi kerabat dekat, sebab (akibatnya) dapat melahirkan anak yang lemah (baik akal dan fisiknya) (Al Hadits).

Dari Jabir r.a., Sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda, Sesungguhnya perempuan itu dinikahi orang karena agamanya, kedudukan, hartanya, dan kecantikannya ; maka pilihlah yang beragama.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Niat dalam Proses Pernikahan

Masalah niat tak berhenti sampai memilih pendamping.

Niat masih terus menyertai berbagai urusan yang berkenaan dengan terjadinya pernikahan.

Mulai dari memberi mahar, menebar undangan walimah, menyelenggarakan walimah.

Walimah lebih dari dua hari lebih dekat pada mudharat, sedang walimah hari ketiga termasuk riya’.

“Berikanlah mahar (mas kawin) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan.”(Qs. An Nisaa (4) : 4).

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : “Wanita yang paling agung barakahnya, adalah yang paling ringan maharnya” (HR. Ahmad, Al Hakim, Al Baihaqi dengan sanad yang shahih).

Dari Aisyah, bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. telah bersabda, “Sesungguhnya berkah nikah yang besar ialah yang sederhana belanjanya (maharnya)” (HR. Ahmad).

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pernah berjanji :

“Jangan mempermahal nilai mahar. Sesungguhnya kalau lelaki itu mulia di dunia dan takwa di sisi Allah, maka Rasulullah sendiri yang akan menjadi wali pernikahannya.” (HR. Ashhabus Sunan).

Dari Anas, dia berkata :

” Abu Thalhah menikahi Ummu Sulaim dengan mahar berupa keIslamannya” (Ditakhrij dari An Nasa’i)..Subhanallah..

Proses pernikahan mempengaruhi niat.

Proses pernikahan yang sederhana dan mudah insya Allah akan mendekatkan kepada bersihnya niat, memudahkan proses pernikahan bisa menjernihkan niat.

Sedangkan mempersulit proses pernikahan akan mengkotori niat.

“Adakanlah perayaan sekalipun hanya memotong seekor kambing.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pernikahan haruslah memenuhi kriteria Lillah, Billah, dan Ilallah.

Yang dimaksud Lillah, ialah niat nikah itu harus karena Allah. Proses dan caranya harus Billah, sesuai dengan ketentuan dari Allah..

Termasuk didalamnya dalam pemilihan calon, dan proses menuju jenjang pernikahan (bersih dari pacaran / nafsu atau tidak).

Terakhir Ilallah, tujuannya dalam rangka menggapai keridhoan Allah.

Sehingga dalam penyelenggaraan nikah tidak bermaksiat pada Allah ; misalnya : adanya pemisahan antara tamu lelaki dan wanita, tidak berlebih-lebihan, tidak makan sambil berdiri (adab makanan dimasyarakat biasanya standing party-ini yang harus di hindari, padahal tidak dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang demikian)/

Pengantin tidak disandingkan, adab mendo’akan pengantin dengan do’a :

Barokallahu laka wa baroka ‘alaikum wa jama’a baynakuma fii khoir.. (Semoga Allah membarakahi kalian dan melimpahkan barakah kepada kalian), tidak bersalaman dengan lawan jenis,

Tidak berhias secara berlebihan (“Dan janganlah bertabarruj (berhias) seperti tabarrujnya jahiliyah yang pertama” – Qs. Al Ahzab (33),

Meraih Pernikahan Ruhani

Jika seseorang sudah dipenuhi dengan kecintaan dan kerinduan pada Allah, maka ia akan berusaha mencari seseorang yang sama dengannya.

Secara psikologis, seseorang akan merasa tenang dan tentram jika berdampingan dengan orang yang sama dengannya, baik dalam perasaan, pandangan hidup dan lain sebagainya.

Karena itu, berbahagialah seseorang yang dapat merasakan cinta Allah dari pasangan hidupnya, yakni orang yang dalam hatinya Allah hadir secara penuh. Mereka saling mencintai bukan atas nama diri mereka, melainkan atas nama Allah dan untuk Allah.

Betapa indahnya pertemuan dua insan yang saling mencintai dan merindukan Allah.

Pernikahan mereka bukanlah semata-mata pertemuan dua insan yang berlainan jenis, melainkan pertemuan dua ruhani yang sedang meniti perjalanan menuju Allah, kekasih yang mereka cintai.

Itulah yang dimaksud dengan pernikahan ruhani. KALO KITA BERKUALITAS DI SISI ALLAH, PASTI YANG AKAN DATANG JUGA SEORANG (JODOH UNTUK KITA) YANG BERKUALITAS  PULA (Al Izzah 18 / Th. 2)

Penutup

“Hai, orang-orang beriman ……..!!

Janganlah kamu mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allah kepada kamu dan jangan kamu melampaui batas, karena Allah tidak suka kepada orang-orang yang melampaui batas.” (Qs. Al Maidaah (5) : 87).

Karena sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan. Dan sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (Qs. Alam Nasyrah (94) : 5- 6 ).

Ibunda dan Ayahanda yang sangat aku hormati, aku sayangi dan aku cintai atas nama Allah.. demikanlah proposal ini (secara fitrah) aku tuliskan.

Aku sangat berharap Ibunda dan Ayahanda.. memahami keinginan aku.

Atas restu dan doa dari Ibunda serta Ayahanda..aku ucapkan “Jazakumullah Khairan katsiira”.

“Ya Allah, jadikanlah aku ridho terhadap apa-apa yang Engkau tetapkan dan jadikan barokah apa-apa yang telah Engkau takdirkan, sehingga tidak ingin aku menyegerakan apa-apa yang engkau tunda dan menunda apa-apa yang Engkau segerakan..

YA ALLAH BERILAH PAHALA DALAM MUSIBAHKU KALI INI DAN GANTIKAN UNTUKKU YANG LEBIH BAIK DARINYA.. Amiin”

====================================

Dedicated to : My inspiration …. yang pernah singgah dan menghuni “hati” …Astaghfirullah !! Saat langkah ada didunia maya, tak menapak di bumi-Nya..Lalu, kucoba atur gelombang asa..Robbi kudengar panggilanMu tuk meniti jalan RidhoMu.. Kuharap ada penolong dari hambaMu meneguhkan tapak kakiku di jalan-Mu dan menemani panjangnya jalan dakwah yang harus aku titi.. ” Saat Cinta dan Rindu  tuk gapai Syurga dan Syahid di jalanNya makin membuncah..”

====================================

Maraji / Referensi :

  1. Majalah Ishlah, Edisi Awal Tahun 1995.
  2. Fiqh Islam, H. Sulaiman Rasyid, 1994, Cet. 27, Bandung, Sinar Baru Algesindo.
  3. Fikih Sunnah 6, Sayyid Sabiq, 1980, cet. 15, Bandung, Pt. Al Ma’arif.
  4. Kupinang Engkau dengan Hamdalah, Muhammad Faudzil Adhim, 1998, Yogyakarta, Mitra Pustaka.
  5. Indahnya Pernikahan Dini, Muhammad Faudzil Adhim, 2002, Cet. 1, Jakarta, Gema Insani Press.
  6. Rintangan Pernikahan dan Pemecahannya, Abdullah Nashih Ulwan, 1997, Cet. 1, Jakarta, Studia Press.
  7. Perkawinan Masalah Orang muda, Orang Tua dan Negara, Abdullah Nashih Ulwan, 1996, Cet. 5, Jakarta, Gema Insani Press.
  8. Kebebasan Wanita, jilid 1, 5, 6, A.H.A. Syuqqah, 1998, Cet.1, Jakarta, Gema Insani Press
  9. Sulitnya Berumah Tangga, Muhammad Utsman Al Khasyt, 1999, Cet. 18, Jakarta, Gema Insani Press.
  10. Majalah Cerdas Pemuda Islam Al Izzah, Wahai Pemuda, Menikahlah, No. 17/Th. 2 31 Mei 2001, Jakarta, YPDS Al Mukhtar.

Source: Rino G. FB Notes

Categories: Uncategorized

Siap Bertemu, Siap Berpisah

December 17, 2010 Leave a comment

Mulai kupahami setitik arti dari semua ini

Bukan tentang pertemuan, bukan tentang perpisahan

Kusyukuri saat kita berjumpa

Kenapa harus menyesali saat tiba waktunya berpisah?

Skenario terbaik adalah milik Sang Pencipta

Tugas kita hanyalah mengambil sikap sesuai tuntunan-Nya

Kalau boleh jujur, takut kehilangan itu pasti

Tetapi mungkin di situlah pelajaran terpenting

Mengenai sabar dan ikhlas atas ketentuan Maha Kuasa

Ya Allah..

Kuatkan hamba dalam perjalanan kali ini, Ya Rabb..

Ringankanlah hatiku untuk selalu berserah atas segala yang Kau putuskan

.

17122010

-Hamba-Mu-

Bukan Bermaksud Mendua

December 16, 2010 2 comments

Kemarin saya mengupdate status di FB saya. Kalimat itu berbunyi “Bismillah.. Semoga Allah memberi kemudahan klo memang ini yang terbaik.” Respon dari teman-teman saya rata-rata adalah turut mengamini doa saya tersebut. Beberapa dari mereka adalah calon teman baru di Kemenlu nanti, dimana kami masih sama-sama menanti kabar mengenai tanggal awal kami masuk. Saya merasa bahwa persepsi teman-teman adalah mengenai Kemenlu. Padahal sebenarnya bukan itu..

Sejujurnya, status itu saya buat sesaat sebelum saya menjalani tes online untuk posisi di perusahaan lain. Nah lho?? Kenapa saya masih tertarik untuk mengikuti tes yang lain di saat saya sudah bergabung menjadi keluarga besar di Kemenlu??

Kawan.. Jangan berburuk sangka dulu.. Saya tidak bermaksud kufur atas nikmat Allah Swt. Apalagi bersikap tidak bersyukur dengan apa yang sudah saya terima. Saya punya alasan tersendiri. Saya pun sudah meminta petunjuk Allah. Tidak mudah awalnya, tetapi saya punya suatu niat yang tidak bisa saya ungkapkan disini.

Bismillah.. Hanya ini yang bisa saya ucapkan. Banyak hal di balik keputusan untuk mengikuti tes tersebut. Toh juga masih tahap awal, perjalanan masih panjang. Namun sesungguhnya saya yakin pasti akan ada sesuatu yang bisa saya peroleh dari sini. Terutama mengenai kepastian masa depan saya yang mungkin saja masih bisa berubah. Karena saya mulai berpikir ulang mengenai tatanan hidup saya nantinya.. Terkait pula dengan kodrat, sebagai seorang wanita, seorang istri, seorang ibu dari anak-anaknya.. Saya ingin sekali bisa berbakti kepada mereka orang-orang yang saya cintai..

Huff.. mulai deh bicara yang berat-berat. Tapi bukankah memang Allah Swt yang memegang kartu nasib saya? Meskipun saya tetap berusaha dengan maksimal, semua keputusan dan eksekusi takdir tetap saya pasrahkan kepada-Nya.

Pasrah.. Pasrah.. Dan pasrah..

.

Regards,

-intan-

Categories: Just Me

Meluruskan Niat

December 14, 2010 Leave a comment

 

Hanya untuk beribadah kepada-Mu hamba menjalani ini, Ya Allah..

Jika memang baik untuk hamba maka mudahkanlah,

Jika memang tidak maka hamba yakin ketentuan-Mu yang lain akan lebih indah,

Amin..

.

14.12.2010

-Hamba-Mu yang (terlalu) banyak meminta-

Meminta Bocoran dari Tuhan

December 11, 2010 Leave a comment

Ada yang lucu di hari ini, Sabtu, 11 Desember 2010. Sebatas status FB sih, tapi layak deh masuk kemari sebagai blog post.. hehe.. Saya posting ya, sekalian komentar yang masuk dari teman-teman saya.. 😀

Tuhan.. Boleh dikasi bocoran siapa nanti yang akan jadi suami hamba?

*status galau pagi-pagi*

Dan berikut komentar-komentarnya:

Nia Irnadia Chairdinia
Ya Allah, saya juga mauuuuuu 🙂

Ani Sayank Regitta
ªªKªªKªª =D ªªKªªKªª =D ªªKªªKªª

Herlina Purnamasari
Pertanyaan yang sama buat aku tan….. 😦

Akhmad Basori Motivator Joss
sepertinya dia seorang pria, muslim pula, baik hatinya, enak dipandang mata..haha..semoga dpt yang terbaik dariNya..hehe

Zulfikar Faiz
Gueje cak.. Haha

Aloysius Wibowo ntargwjadiwalideh,kalautuhanudahkasihbocoranyatan,.

Panda Gembul Pratama
Efek punya calon suami gak suka sms-an, bbm-an apalagi, hehehe. Peace ^^v

Donny S Sanjaya
Ciri2nya orangnya baik, murah senyum, badan langsing, pinter komputer, rambut berwarna, rajin sholat dan puasa, suka bersepeda…apalg ya? Kyknya dirimu lebih tahu d…

Fika Ariesta
Aq jg mau kl bs dpt bocoranx tan…..=)

Nasrul Majid
hahaha..mang knp neh..?.tinggal pilih aj kok tan..yang jelas harus cowok ya…gak boleh cewek….

Saya
Nia> iya, niaaa.. Mau banget ya utk yg satu ituuu..(◦ˆ⌣ˆ◦)

Ani> hushh.. ketawa jgn keras2..( ´¯.¯)づ

Ina> sepertiny prtnyaan smua wanita single, ina..hehe.. 🙂

Mas basori> Amin Amin Amin, Ya Allah.. Makasih atas petunjuknya, massss.. hihi.. (◦˘⌣˘◦)

Faiz> lapo geje?? Pengharapan yg jelas ikiii..( ¯.¯ )づ

Om bowo> hwahahaha.. Ok ditunggu ya, om.. Blm dapet2 jg nih bocorannya :p

QQ> huwaaaaa.. Bongkar rahasia dapur nihhh.. Wkwkwkwkwk :Þ

Pak don> Amin Amin Amin semoga mmg benar yg itu, pak.. hehehehe.. 🙂

Fika> iya mau bgt ya, fika! Rahasia besar nih dlm hidup qt.. hehe :p

Mz nasrul> heyeehhh.. Ya jelas cowok toh, mas.. Lha masak lesbong.. hahahaha 😀

Nasrul Majid
denger2berita terakhir udah dikhitbah bener gak ya…….

Saya
Mas nasrul> hiyyyaaaaa… salahhhhh.. haha :Þ

Nasrul Majid
hohohoho..yg bener masih tunangan atau pacaran……

Saya
Salah semua.. hehe.. Ya doakan saja, mas 🙂

Helda Puspitasari
aku tahu

Saya
Mb helda> sopo mbak? (•͡. •͡) *memandang curiga*

Helda Puspitasari
mr…………….FFFFFFFFFFFFF

Wiranti Ayu Anty
Ak tauuuuuu !! *ngacungtinggitinggi

Saya
Mb helda> heeyyeeehhhhh…hahahaha.. Amin ae wes! 😀

Wir> hayoo hayoooo… Wes gk usah melok nimbrung genduk sitok ikiiiii… :Þ

Wiranti Ayu Anty
Genduuukkkk jareee.. Seksooyyy ngenee lhooo ..

Saya
Wir> seksoyyy? Seksoy konsumsoy? Wkwkwkwk :Þ

Ramadhatun Kusuma Nugraheny
Wkwkwk, mbak…lucu nian dirimu. Kalo dapet bocoran mah aku juga mau, syukur2 bisa nawar. *lol
Takut keburu tugas di tempat yang antah berantah ya? :))

Saya
Nuke> hehe.. Maklum lah bangun tidur bikin status, masih gk genep ini nyawanya.. :Þ Yaaaa.. kita liat saja apa ada yg brsedia utk terpisah sementara qt mengabdi di negeri antah berantah.. 😀

Hmmm.. Kelihatannya lucu sih kalo dibaca sekilas. Tapi saya serius lho pengen tahu rahasia Maha Kuasa yang satu ini.. Kalo disimak lagi, dari komentar di atas memang ada beberapa teman saya yang tahu menahu mengenai si dia yang memang sedang dekat dengan saya. Tapi toh, saya juga belum tahu apa iya dialah orang yang akan menjadi jodoh saya nanti. Hanya Allah Swt yang mengetahuinya.

Ya Allah.. Hanya kepada-Mu hamba pasrahkan urusan ini, Ya Rabb..

.

Regards,
Intan