Home > Just Me > ECU Peugeot 306 = IDR 10 juta?? *bayar pake apa..T.T*

ECU Peugeot 306 = IDR 10 juta?? *bayar pake apa..T.T*

Ya Allah..nih ada apa lagi yaa..๐Ÿ˜ฆ

Baru aja si mama telp ngabarin ttg Peugeot 306-ku yang lg diopname krn lagi “sakit”. Dan kurang lebihnya ada spare part yg harus diganti yaitu ECU. Sempet heran knapa mama telp dengan nada panik..dan ternyata eh ternyata, mesti ganti sparepart yg bernama ECU yang harganya adalah 10 juta rupiah.

“Whatttttt?????? Gak salah tuh duit segambreng gitu????”

Langsung lemes deh badan..dan langsung jari2 ini browsing untuk mencari tau lebih lanjut tentang makhluk jahat yang mengancam tabungan saya yg bernama ECU ini.

From Wikipedia, the free encyclopedia

Kira2 seperti inilah si kecil "mahal" ini

An engine control unit (ECU), also known as power-train control module (PCM), or engine control module (ECM) is a type of electronic control unit that determines the amount of fuel, ignition timing and other parameters an internal combustion engine needs to keep running. It does this by reading values from multidimensional maps which contain values calculated by sensor devices monitoring the engine.

Before ECU’s, fuel injection, ignition timing, and idle speed were directly controlled by mechanical and pneumatic sensors and actuators.

Setelah membaca definisinya yang super berat dan tidak saya pahami itu, langsung saya cari info harga si ECU ini. And guess what, memang ternyata ECU Peugeot 306 kisarannya 8-12 juta di pasaran.

Oh tidakkkkkk…apa yang harus saya lakukann???? Huaaaaa..someone help me, please…..๐Ÿ˜ฆ

My dear friend Ridzki & Wiranti, sekali lagi aku butuh bantuanmuuu.. Tulung konsultasiin ke temen2 Autonomic yaa.. Semoga ada jalan keluar yang lebih baik..๐Ÿ˜ฆ

  1. jeje peneleh
    February 17, 2010 at 4:44 am

    akhirnya aq dapatkan jg kolom ini…
    ahahaha
    ndeso tenan koncomu iki tan…
    btw, sakno yo
    aq br tw klo mobil bs d opname jg…bs sakit juga….aq kira cm manusia aja..
    hehehe
    brarti bli obatnya hrs di apotek khusus mobil y tan???
    wah bkl susah tuw crinya…aq g pernah liat soale…yg byk apotek obat2nya manusia bukan mobil…ahahaha
    guyon tan…
    wes seng ptg betulin dulu mobilmu…urusan jln2 n traktir2nya ntr ae stlh mobilmu sembuh…heheheslm bwt peugeot’mu y tan…semoga lekas sembuh…

  2. February 17, 2010 at 4:52 am

    huaaaa…iyo,jeeee..
    ak kaget bgt begitu dpt kabar si peugeot “obat”-nya seharga 10 juta itu..tp so far ak lg minta bantuan ridzki ama wiranti siapa tau temen2 autonomic-nya bisa bantu info klo ada solusi yg lebih baik (baca: LEBIH MURAH).

    maap ya urusan traktiran jd gagal maning..
    moga2 ada jalan keluar..

    pasti ada lah ya..
    amin.

  3. Mulsq
    February 20, 2010 at 11:08 am

    Harga resmi dr astra memang segitu (baru dan garansi 1 thn ), tp ada jg barang2 aftermarket yg udah bnyk dijual disini. Harganya kisaran 2-3jt. Ada 2 macam yg beredar, 1 copotan eks singapore 2. repairan. Usahakan beli yg copotan, dan jng lupa garansi dr penjualnya min 3 bln. Selamat hunting

  4. February 22, 2010 at 6:19 am

    Dear Mulsq,
    Big thanks utk infonya.. Klo boleh tau “disini” tepatny dimana ya? Dan aftermarket yg copotan itu (1) reliable kah? bagi saya sih yg penting bisa jalan Alhamdulillah deh,,hehe..
    Thanks a lot!๐Ÿ˜€

  5. Emil
    March 12, 2010 at 8:08 am

    Hallo..

    apa Kabar? bagaimana masalah ECU-nya? apa sudah terselesaikan?
    kebetulan saya punya 2 ECU second dengan kondisi prima dari mobil saya Peugeot 306 N5 AT..

    Mungkin anda berminat, silahkan contact email saya..
    soenaryo.emilia@yahoo.com

    Terimakasih๐Ÿ˜€

    • March 12, 2010 at 9:16 am

      Hai..๐Ÿ™‚

      So far sedang dibenerin temen saya..saya nggak tau jg gmn kabarny, krn saya masi di luar kota blm smpet jenguk mobil saya..hehe..
      Wah tp thx bgt utk helpful infonya.. Klo nnti ada ssuatu saya psti hubungi Anda..

      Trima kasih yaaa..๐Ÿ˜€

      • laksmono
        April 5, 2010 at 2:37 am

        kbtl nih akau temu nih forum …siputihku 306 n3 lagi ngambek juga nih…lg2 ecu nya …brp hrg seconya klu blh tau..

      • April 7, 2010 at 8:53 am

        hai..

        saya akhirnya ngebenerin ECU sndiri di bengkel temen..kena’ny 3 jutaan.. Tapi klo emg mau beli, denger2 sih eks-Singapur bs kena setengah harga, sekitar 4-6jt.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

