Home > Just Me > Gambaran Ujian Tulis Substansi BPKRT – Tes CPNS Deplu 2010

Gambaran Ujian Tulis Substansi BPKRT – Tes CPNS Deplu 2010

Selamat pagi, dunia! :)

Hari ini adalah hari kedua saya bekerja kembali setelah kembali dari Jakarta. Apa yang terjadi di Jakarta? Yap, untuk mengikuti Tes CPNS Deplu alias Kementerian Luar Negeri untuk Tahun Anggaran 2010. Ada beberapa posisi disana, yaitu PDK untuk kawan-kawan diplomat, BPKRT yang saya ikuti juga yaitu untuk kawan-kawan dari S1 Akuntansi (di Tahun Anggaran 2012, posisi ini namanya berubah menjadi PKKRT; Penata Keuangan dan Kerumahtanggaan Perwakilan), PK untuk teman-teman dari Ilmu Komunikasi (kalo nggak salah), dan posisi untuk Dokter Umum dan Dokter Gigi.

Bagi yang pengen tahu seperti apa tesnya, akan saya coba sharing semampu saya yah.. :D

Sebagai awalan, Tes Deplu ini diawali dengan pendaftaran online di situs e-cpns deplu, kemudian kita akan disuruh melengkapi berkas-berkas administrasi via pos, dan bagi yang lolos seleksi Administrasi akan berkesempatan mengikuti Ujian Tulis Substansi sebagai ujian pertama. Oia, yang akan saya sharing juga hanya Ujian Tulis Substansi BPKRT aja ya.. Mumpung masih inget, anget, dan memang baru ikutan tes itu doank.. Doakan saya bisa lanjut ke tahap selanjutnya! ;p (dan Alhamdulillah sy lolos ke Tahap Tes Bahasa.. Wish me luck! -edited 12 Oct 2010) (dan Alhamdulillah yang kedua kalinya saya lolos ke Tahap Ujian Akhir yaitu Psikotes, Wawancara Substansi, IT dan Psikologi. Satu langkah lagi, kawan.. Doakan saya yah! -edited 13 Oct 2010) (Finally.. berdasarkan pengumuman di situs resmi Deplu, saya lolos mjd CPNS DEPLU 2010.. Alhamdulillah..)

Untuk BPKRT, ujian tulis terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 soal isian singkat, memilih 3 dari 4 soal uraian akuntansi murni, dan memilih 3 dari 5 soal uraian Bahasa Inggris. Semua itu harus diselesaikan dalam waktu 3 jam saja lho. Padahal isiannya bakalan panjang & gondrong banget tuh jawabannya..hehe.

TIPS: dari sekian soal, kerjakan dahulu soal uraian Bahasa Inggris. Nilai maksimal untuk bagian ini adalah 40 dari 100 (nilai maksimal). Nilai soal ini adalah paling besar, dan membutuhkan waktu lama untuk mengerjakannya, karena kita masih harus membayangkan vocabulary apa yang akan kita gunakan di dalam jawaban soal tsb. Beberapa soal yang saya ingat (kalo keliru kurang lebihnya mohon maaf) adalah (1) Explain the requirement of transparency and accountability in the government budget management. (2) What is the relation between Public Sector Accounting and Good Governance? (3) Why is corruption in Indonesia hard to fight against? Explain your opinion why is it happened. And what will you do to shield yourself from this corruption practices?

Setelah soal uraian Bahasa Inggris, bagian lainnya adalah 10 soal uraian singkat dan soal uraian akuntansi dalam Bahasa Indonesia. Nilai maksimum adalah 15 dari 100. Beberapa soal isian singkat yang saya ingat: (1) Jelaskan makna Auditing. (2) Sebutkan 5 tingkat dalam audit Laporan Keuangan Akuntansi Publik. (3) Sebutkan singkatan dari beberapa istilah APBN (yang waktu itu saya sama sekali nggak tahu ini apa..haha ;p) yaitu: RJMN, RKP, RKT, RKKL, RKA-KL. (4) Sebutkan dan jelaskan dua jenis dana yang digunakan dalam Akuntansi Sektor Publik. (5) BUN adalah singkatan dari..  Mohon maaf 5 sisanya masih belum inget. Nanti kalo inget akan saya update. :)

Beberapa soal uraian akuntansi dalam bahasa Indonesia (nilai maksimum 30 dari 100) yaitu (1) Kita akan disuguhi Neraca perusahaan tertentu, dengan isian Aset, Kewajiban, dan Ekuitas. Perintahnya adalah untuk menyiapkan jurnal yang diperlukan.(2) Akan tersedia tabel Neraca Konsolidasi PT X dan PT Y. Beberapa informasi mengenai persentase kepemilikan yang diakuisisi dll sudah tersedia. Kalo tidak salah, pertanyaannya adalah i. Berapa jumlah aset lancar PT X sebelum akusisi, dan ii. Berapa ekuitas saham yang dimiliki PT X pada saat akuisisi.(3) Soal tentang rekonsiliasi bank. (4) Pertanyaan uraian mengenai perbedaan Cash Basis dan Accrual Basis Accounting, beserta contoh penerapannya.

Soal pilihan ganda saya pasrah banget ini.. karena isinya sekitar dunia diplomatis banget..hehe. Ada mengenai KTT G-20, Konferensi Internasional yang sedang hangat, seputar Kemenlu, dll dsb yang harus teman-teman baca sendiri karena akan berasal dari kabar terbaru. Oia, nilainya 15 dari 100.

Format tes Deplu dari tahun ke tahun kurang lebih sama, yaitu akan dilaksanakan di PRJ – JIExpo Jakarta, dan wajib mengambil Kartu Tes paling lambat H-1 di Pusdiklat Kemlu Jl Sisingamaraja Jakarta. Jadi bagi teman-teman yang memang berniat untuk mengikutinya–terutama dari luar Jakarta, persiapkan biaya secukupnya untuk transportasi dan juga penginapan selama mengikuti tes. Saya kemarin menginap di Graha Wisata Kuningan, dgn biaya 110 ribu per malam / kamar. Kalo berdua sebenernya jatuhnya akan 55 ribu, tapi karena sendiri jadi bayar full deh. Tapi bagi yang mau rame-rame, ada juga fasilitas 1 kamar dengan 6 tempat tidur, 132 ribu. Kalo ber-6 kan tinggal 22 ribu tuh per orang. Syukur-syukur lagi kalo bisa numpang aja di saudara ato kosan teman disana.. ;)

Oia,berapakah yang diterima? Berikut saya quote dari situs resmi Deplu bahwa untuk tahun ini, Kemenlu membutuhkan 60 orang untuk PDK, 30 orang untuk BPKRT, 25 orang PK, 1 orang Dokter Umum dan 1 orang Dokter Gigi. Padahal peserta ujian total mencapai 4.678 orang lhoh. What a tight competition, huh!? Hufff… ;)

Oke deh, sekian dari saya. Semangat ya bagi teman-teman yang berencana mengikuti tes ini di tahun depan.. Semoga apa yang saya sampaikan bisa membantu.. :D

.

Best regards,

Elvitria Intan Novita

About these ads
  1. September 9, 2010 at 12:03 pm

    Wah berarti pas di PRJ bareng saya ya sist.
    Saya ikut yang PDK…
    Udah saya share disini

    http://kamar-kata.blogspot.com/2010/09/pengalaman-tes-substansi-cpns-kemenlu.html

    • September 17, 2010 at 12:58 am

      oya?? salam kenal.. :)

      eh, pengumuman kelolosan tuh sekitar tgl 4 oktober kan y? smg kita sama2 lolos yahhh.. Amin.. :D

  2. caraka
    October 1, 2010 at 3:58 am

    bantu ralat dikit ya,, PK itu untuk temen-temen dari Informatika :)
    semoga sukses yaaaa dan jangan terlalu berekspektasi lebih ttg pekerjaan di kemenlu..

    • October 4, 2010 at 6:37 am

      ohh..iyaaa.. terima kasih.. :D
      berekspetasi lebih gmn ya, bro? hehe..

  3. ervylia
    October 12, 2010 at 8:37 am

    heyyy…salam kenal buat semua :)
    sebenarnya sih bukan aq yang ikut tes tapi deg2annya sampe aq rasain juga ;p
    kemarin sih tes di pangadegan aq temanin adeq tapi aq juga yang mules…hahaaa ^^
    ya pokok’e semoga semua lolos ke tahap selanjutnya yah…aminnnnn ^@^

    • October 13, 2010 at 8:49 am

      Salam kenal jg, Ervylia..

      Eh lalu gmn hasilnya? Sudah ada pengumuman lho hari ini.. Smg adek kamu lolos yah! :D

  4. Priyo Sandi
    October 20, 2010 at 9:23 am

    Halo, salam kenal ya. Ikut BPKRT juga ya, aku juga nih. Kamu wawancara substansi kapan? Aku Kamis, 21/10/10 cuma aku pagi jam 9.00 deg2an uey, mana kemarin psikotest susah bgt. Huhu, semoga kita keterima ya. Amin ya Allah..

    • October 21, 2010 at 3:05 am

      hai hai.. salam kenal jg.. ud di-add di fb kan yah?? smg qt sukses yahh.. :)

  5. Aji
    October 20, 2010 at 1:25 pm

    salam kenal mbak elvitria…

    alhamdulillah juga lolos tes akhir untuk BPKRT….

    nanti jumat wawancara substansi nih….
    mudah2 an diberi kelancaran..hehehhe
    mbak elvitria dapet hari apa wawancaranya???semangat yah….

    mudah2 an kita sama2 keterima yah mbak….amiiinnn….

    • October 21, 2010 at 3:07 am

      salam kenal jg, ajie.. :)
      wah masih jumat yah?? aku udah kemaren rabu.. :p siapin mental aja deh..krn panelisnya mood2an itu..hihi.. Yg jelas, baca2 ttg akuntansi pemerintahan, berita ekonomi indonesia, ama harus okey bhs inggrisnya.. Gudluck yah! :)

  6. rea
    October 21, 2010 at 4:55 am

    Salam knal mba’
    bole nanya panelisnya wawancara substansi BPKRT brp org si….
    Trus jadwal wawancara psikotes utk tgl 25-27 okt
    kluar kpn yach?

    Wish all d’best deh n mudah2an sm2 keterima ya mba’
    amiiin

    • October 21, 2010 at 7:25 am

      slm kenal jg ya.. (:
      panelis wktu aku kemaren wwncr ada 3 orang. semuany pejabat deplu gitu deh, tp ak gk inget apa posisi mereka masing2. Jdwl wwncara psikologi udh ditempel di pintu masuk pusdiklat kemarin, kok.
      Wish u all d best too, yah.. Amin Amin Amin.. Smg qt sama2 sukses.. :)

  7. Olive
    October 23, 2010 at 5:48 am

    Waaahhh sesama pejuang BPKRT…Aq nanya2 bpk yg didepan ruang interview ttg brp yg diterima dan jawabannya adalah 25 org huhu berkurang jauh dibanding thn seblumnya yg diatas 50an..Smoga Allah meridhoi kita untuk mengabdi di deplu yaaa..

    • October 26, 2010 at 4:24 am

      Hai hai.. Iya sama2 pejuang nihh..
      waduh, 25 orang yah?? ak baca di site Deplu bbrp waktu lalu sih 30 orang gitu.. Hmm..yaud gpp deh, smg qt sama2 sukses yahhh…

  8. Robertus Benny Murdhani
    October 24, 2010 at 12:29 pm

    Semoga kita semua diberi yg trbaik oleh Tuhan.Amin..Semangat..Btw,dpt wwncra psikologi hari apa ni mba?Siapa tau bs bersua..

    • October 26, 2010 at 4:25 am

      Helo.. Sori baru reply. Aku kebagian kmaren, tgl 25 jam 1330.. Sekarang ud balik kantor lg deh..hehe.. Kmu kpn? Gudluck for us yahhhh.. =)

  9. rea
    October 27, 2010 at 1:18 pm

    Guys, kapan ni pengumumannya?
    Ada yg tw?

    • October 28, 2010 at 1:24 am

      kemaren katanya 8 nov gitu.. :)

      • rea
        November 2, 2010 at 5:48 am

        8 Nov???
        Oooohh My Gooood…

  10. olive
    October 27, 2010 at 4:57 pm

    Iya,,awalnya aq jg taunya 30 org tp setelah ta tnya lg cmn 25 org..Klo thn lalu sepertinya pengumumannya skitar pertengahan nov..

    • October 28, 2010 at 1:25 am

      wew,,makin dikit ya..hiks.. Yaud kita sama2 berdoa aja ya.. Smg lolos jd CPNS BPKRT Deplu.. Amin! :)

  11. olive
    October 28, 2010 at 2:52 pm

    Amiinnn >.<

  12. November 9, 2010 at 1:42 am

    Selamat ya mba….
    Saya gak lolos jadi PDK ni…
    Mungkin belum rejeki saya disini….

    Sekali lagi sukses ya mba….

    • November 10, 2010 at 12:59 am

      Hei hei hei..

      Makasih yaa.. Gpp sabar aja.. semua indah pada waktunya. Sekedar share, saya juga dlm setahun ini ud bbrp kali gagal lho ikut tes2 spt ini… & siapa tau, kmu akan dpt tempat yg jauuuuh lebih baik lagi nantinya.. Ttp semangat yah! :D

  13. olive
    November 9, 2010 at 5:02 am

    Panggilannya apa ya? vitri kah? Km lolos yaaa…Aq liat di blog mas arya..Alhamdulillah aq jg lolos hehehe mpe ketemu pas diklat yaaaa..

    • November 10, 2010 at 1:03 am

      Hai, Olive.. panggil Intan aja :D
      Huaaaa.. kmu jg lolos?? Selamat yah! Daftar ulang kapan? eh, add FB aku ya.. Elvitria Intan Novita :)

  14. Riena
    November 10, 2010 at 4:27 am

    Ya allah luluskanlah…yg seharusnya lulus tanpa syarat yg memberatkan

  15. Mencoba mengerti
    November 11, 2010 at 10:12 am

    tanks buat gambaran tesnya kira2 klo buat kemendiknas sama gk yah model soalnya?,
    Saya mau tes neh 15 November 2010 ini, owh ya Saya S1 Manajemen, tanks

    • November 12, 2010 at 1:19 am

      @Mencoba mengerti
      Halo.. iya sama2 ya. Wah, klo kemendiknas kurg tau yah.. tp pada dasarny substansi itu sesuai jurusan ato mgkn posisi yg dilamar. Kmren krn saya dri akuntansi & melamar bendahara, jd ya ada soal accountingnya gitu. Klo mnurut saya ya pelajarin aja seputar itu.. dan ditmbh jg info2 sesuai departemen yg dituju. Kmren saya ada jg soal2 yg diplomatis bgt gitu krn tesnya utk DepLu yg intinya adalah diplomasi. Mgkn klo utk kemendiknas, cb browse info trbaru sesuai dunia pendidikan gitu..MUNGKIN lho ya..hehe.. Gudluck yahh :)

  16. Yan
    November 12, 2010 at 2:54 am

    salam kenal
    saya jg ada jdwl wawancara di salah satu instansi pemerintah lusa
    btw klo di deplu wawancaranya sputar apa ya mba..?
    trm ksh :-)

    • November 12, 2010 at 3:54 am

      @Yan
      Salam kenal jg yahh.. Utk wawancara deplu kmren dibagi 2, ada Wawancara Substansi, lalu Wawancara Psikologi.
      Wawancara Substansi klo menurut saya mirip sidang kompre+skripsi deh..soalnya pertanyaan 3 panelis itu gk bs diduga.. Kmren sy disuruh njelasin skripsi dlm bahasa inggris, ttg Asean, lalu ke Akuntansi Sektor Publik, trus cara memajukan pariwisata Indonesia, lalu pindah lagi ke persentase pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2010 ini. Temen saya ditanyain mengenai Tax Havens. Bener2 gk diduga, untung2an. Jd siapin aja wawasan seluas2nya mengenai bidang/posisi yg akan dilamar, trus update berita ttg negeri sendiri terutama, & yg jelas Mental+Doa. Krn ada salah satu peserta yg dicerca sedikit krn gk bs jawab lgsg mewek begitu keluar ruangan..hehe.. Santai aja lah pokoknya.. Wawancara Psikologi sih cm kyk ngobrol biasa. Gk perlu persiapan.

      Oia, wawancara dimana? Anw gudluck yah ;)

  17. Mencoba mengerti
    November 12, 2010 at 12:39 pm

    Ok lah klo begitu, tangkyu ya, ew kepaksa buka buku2 lama tentang manajemen neh yg dah ta simpen rapih d kardus, wkakwakawkwakw

    maksih ya buat doanya ^_^

  18. November 15, 2010 at 8:14 am

    whaaaa kita bakalan satu angkatan
    ^_^ saya juga lulus BPKRT
    hehehehe
    my name sandi btw :D

    btw yang lolos siapa aja??heheheh whaaa snengnya mari kita berteman :D
    sampe ketemu di diklat :D

    • November 16, 2010 at 2:33 am

      hei.. udah di-add kan FBnya? Ok smpe ketemu ya.. :)

  19. nuke
    November 17, 2010 at 5:49 am

    salam kenal semuanya… :)
    Wuahh, sebelumnya selamat dulu untuk teman2 yang sudah berjuang di tes cpns deplu kemarin dan berhasil lolos. Yang belum beruntung, tetep SEMANGAT!!! ;)
    Saya nuke, kemarin ikut tes cpns deplu juga. Alhamdulillah lolos, posisi BPKRT juga. Can’t wait to see you all my friends. :) add fb ku ya, ramadhatun kusuma nugraheny. Btw, pada mw registrasi kpn ni? Siapa tau bisa bareng, jd bisa langsung saling kenalan.

    • November 21, 2010 at 11:56 am

      Hai Nuke, welcome on board! Wah, seneng juga ya jadi pada bisa ngumpul dsini jd forum BPKRT gini.. Apa krn googling dgn keyword BPKRT cuma nemu dsini kali ya? hehe..

      Mari teman2 kita saling tuker contact. Biar enak ntar bs meet up pas diklat kita udah saling kenal duluan deh di antara temen2 lain..haha :D

  20. Aji
    November 21, 2010 at 8:18 am

    halo..halo…vitri…

    sama aji lagi nih….
    alhamdulillah saya lolos posisi BPKRT juga nih….

    berarti nanti kita ketemu di diklat yah..hehehehe….

    ohh iya..pengumuman diklatnya kapan sih?kmren katanya akhir taun yah???
    wew….long wait but worth of it….hehehehe…

    selamat yah buat temen2 yang sama2 lulus….buat yang belum lulus tetap berusaha dan berdoa….Tuhan selalu memberikan jalan terbaik bagi umat-Nya…..

    see you at diklat….:)

    • November 21, 2010 at 11:59 am

      Hai Aji.. Alhamdulillah kawan2 pejuang BPKRT yg nimbrung dsini sama2 lolos yah.. :))

      Iya kemarin disuruh mantau sekitar desember. Yaa..sambil nunggu mungkin bisa nerusin kerja (seperti saya) ato pulang ke rumah dulu deh dipuas2in main dengan keluarga..hehe..

      Ok see u when I see u ya, ji.. :)

  21. Aji
    November 21, 2010 at 12:30 pm

    okeh….okeh….

    eh fb nya saya add ya vit…

    biar nanti gampang ngenalinnya pas diklat…hehehe

    • November 22, 2010 at 3:22 am

      monggo di-add.. biar tau wajah ya? haha.. :D

  22. monci
    February 3, 2011 at 6:42 am

    intaaaannn… aku menemukan blogmu! :P

    • February 3, 2011 at 12:23 pm

      Jiiaaaahhh.. Telat yahhh.. Uda ketemu duluan di asrama..hehe :p

  23. Jayus Junior
    August 17, 2011 at 12:06 pm

    permisi….saya numpang tanya yah…
    -kalo boleh tau, bisa di share suasana lingkungan kerja di deplu itu kyk gimana?
    -kerjanya udah pasti ke luar negeri yah?

    btw, selamat yah udah masuk pns deplu & juga salam kenal ya mba elvitria. :)

    thanks.

    • August 23, 2011 at 8:53 am

      helo JJ..
      -utk suasana kerja ya..gmn ya..saya jg baru selesai diklat, blm mulai kerja nih..hehe
      -di Kemlu ada 2 penggolongan utk karyawannya secara garis besar, yaitu PDLN dan PDDN. Utk PDLN (Pejabat Dinas Luar Negeri) sendiri mmg dipersiapkan utk bertugas utk ditempatkan secara bergilir selama 3-4 tahun di Perwakilan RI di luar negeri yg terdiri dari PTRI, KBRI, KJRI, dan KRI. Sedangkan utk PDDN (Pejabat Dinas Luar Negeri) bertugas sebatas di dalam negeri, dalam hal ini di Kantor Pusat Kementerian Luar Negeri di Jakarta. Klo dari rekrutmen awal mmg utk diangkat mjd PDLN, maka hampir pasti 99% akan diberangkatkan ke luar negeri. Sedangkan utk PDDN pada dasarnya tidak, tapi tanpa menutup kemungkinan utk ikut serta dalam perjalanan dinas secara singkat ke luar negeri.

      Terima kasih kembali ya.. salam kenal juga.. Smg info dari saya bs bermanfaat (:

      • Jayus Junior
        September 1, 2011 at 5:23 am

        terima kasih atas jawabannya mba vitri…penjelasannya cukup lengkap. klo diperbolehkan, boleh saya minta ijin untuk add fb? jadi kalau nanti ada bukaan kemenlu bisa tanya2 info atau saran.

        lumayan kan klo sepupu2 saya yg pinter2 bisa masuk, saya bisa diajak jalan2 ke LN haha… :)

        trims.

      • September 8, 2011 at 8:08 am

        boleh boleh.. add aja Elvitria Intan Novita.

        haha.. baiklah.. gudluck utk sepupunya :p

  24. August 11, 2012 at 3:55 pm

    Terimakasih sebanyak-banyaknya.
    Semoga postingan ini tercatat sebagai amal baik penulisnya yang telah sudi berbagi karyanya…

  25. tiur
    August 27, 2012 at 2:58 pm

    terima kasih infonya mba, oh ya saya dari Batam jd blank utk lokasi pengambilan kartu perserta ujian dan tempat ujiannya, kalau dari bandara lama nga ya mba??? dan dari pengambilan kartu ke tempat ujian jaraknya jauh tidak??? mohon informasinya ya

    • August 28, 2012 at 6:57 am

      Halo Tiur :)

      dari bandara Soeta silakan naik Bus Damri jurusan Blok M (biaya 20ribu). Nanti minta turun di Bundaran Senayan atau Pusdiklat Deplu. Mgkn sekitar 1-2 jam perjalanan ya..

      Klo dri tempat ambil kartu ujian ke tempat ujian di PRJ Kemayoran cukup jauh. Silakan di Google Map yah. Gudluck :)

  26. Katie Ppyong
    August 30, 2012 at 12:38 pm

    mbak, mendengar beberapa cerita temen2 yg pernah ikut cpns, ada yg sampe gag dapet kursi untuk mengerjakan tes. kalo di PRJ sendiri antara kursi dan nomor peserta tertata dengan baik gag mbak? terima ksih

    • August 31, 2012 at 6:34 am

      Hi Katie.

      Pengalaman saya sih kemaren gk ada nomer kursinya, krn semua serentak dikumpulkan di dalam Hall. Tapi sejauh yg saya ingat, panitia sudah memperhitungkan kok jumlah peserta yg akan mengikuti tes dgn ketersediaan kursi. Apalagi mengingat Kemlu sudah memperoleh ISO 9001:2008 utk Proses Seleksi Penerimaan CPNS.

      Gudluck yah (:

    • August 31, 2012 at 6:52 am

      Insya Allah tahun 2012 ini gak akan kekurangan kursi ya Katie, soalnya kami sudah mengalokasikan lebih dari jumlah peserta ujian tgl 8 nanti, sekitar 4.100 kursi. Sukses buat ujiannya, krn tahun ini ujiannya lebih berat dari tahun 2010 krn ada 2 sesi ujian.

      • August 31, 2012 at 7:07 am

        Nah lhoh, langsung diklarifikasi oleh staf Biro Kepegawaian yg punya hajat.. haha :D

        ¿Como estas, señor?? Belum ketemu nih kita.. sampe2 ketemunya aja di blog post.. hehe..

  27. Katie Ppyong
    August 31, 2012 at 3:52 pm

    siplah, terima kasih :)
    ada 1 lagi pertanyaan nih (hehe), kalo untuk pengambilan kartu ujian, berdasarkan pengalaman mbak elvitria sendiri gimana? antri dengan tertibkah mbak? :)

    • September 3, 2012 at 3:08 am

      Waktu itu sih malah gk antri.. Lgsg ambil lgsg pulang..hehe..

  28. ari
    September 1, 2012 at 7:35 am

    halo kak, waktu itu rekonsiliasi banknya yang dua atau empat kolom ya? saya nanya di Fb tapi blom nyaut2 hehe..

    • September 3, 2012 at 3:10 am

      Halo Ari.

      Mana yah, gk ada tuh di FB.. Yang 2 kolom biasa aja sih..kalo gk salah..hehe.. Cuma bandingin buku bank ama perusahaan aja kok.

  29. BARA
    September 2, 2012 at 8:54 am

    makasih atas info nya,,,
    kalau boleh tau apa sih jawaban jawaban pertanyaan ujuan substansi diatas menurut mbak elvitria,
    boleh yah share,,,,ke email saya
    terima kasih,,,

    • September 3, 2012 at 3:11 am

      Waduh, jawaban saya sih asal ngomong aja.. Dikait2kan dgn efisiensi, efektivitas, transparansi, anti korupsi, dan sekitarnya..hehe

      • BARA
        September 3, 2012 at 1:56 pm

        kira-kira menurut mbak elvitria, Akuntansi sektor publik pasti ditanyain terus ga????
        trus kan skrang d 2012,,,di tahap tes pertama dibagi 2 sesi,,,ada rips dan trik nya gaK???
        berdasar skala prioritas.
        makasih sebelumnya

      • September 5, 2012 at 3:00 am

        ASP kemungkinan 1-2 nomer pasti ada. klo soal 2 sesi ini berbeda dari tahun sebelumnya.. jd saya kurang tahu juga yah. utk skala prioritas udah saya jelaskan di post di atas.

        gudluck (:

  30. dwirado
    September 3, 2012 at 11:37 am

    Kak intan,,di bagian perlengkapan kmi yg dari jur akuntansi dsuru mbwa penggaris. buat apa ya kira2?

    rekonsiliasi bank itu kah?

    • September 5, 2012 at 2:59 am

      hai dwirado.

      iya.. klo dulu sih saya kepake bwt rekonsiliasi. tp gtw lagi klo utk tahun ini yah. mudah2an keluar lagi soal rekon.

      gudluck (:

  31. radit
    September 6, 2012 at 2:01 am

    doakan saya ya mbak..

    semoga kita bisa ketemu hahaha

    • September 10, 2012 at 6:04 am

      maaf terlambat balas.

      gudluck yah (:

      • radit
        September 11, 2012 at 1:54 am

        Ternyata soalnya yang di block note untuk bidang PK beda ternyata. :D

        semoga lulus mbak..

  32. Katie Ppyong
    October 11, 2012 at 2:23 am

    mbak intan, ngomong2 setelah ujian bahasa, pengumuman selanjutnya ada jeda waktu berapa lama lagi ya?

    • elvitria
      October 11, 2012 at 3:00 am

      Halo Katie..

      coba dicek ke situs e-cpns awal deh.. sepertinya semua udah dijelaskan disitu (:

  33. October 24, 2012 at 7:16 am

    mba intan, terima kasih atas pnjelasan yg sangat bermanfaat
    yang mau saya tanyakan mba, untuk wawancara substansial itu pertanyaan yg diajukan seputar apa saja ya mba?
    kira2 untuk staf non-diplomat seperti PK apakah pertanyaannya sama dengan PDK yg adalah staf diplomat?
    oia saya yang juga add fb mba, hehe..trima kasih ya mba penjelasannya :)

    • October 29, 2012 at 8:48 am

      hi Hana..

      udah saya jawab kan ya di mesej FB? hehe..

      • November 9, 2012 at 7:30 am

        udah mba, trima kasih banyak ya, smoga di ujian final ini bisa lulus, Amin. :)

  34. Enstein
    May 6, 2013 at 1:41 pm

    saya lulusan Akuntansi, tapi penginnyake formasi PDK itu kira2 bisa/lolos gak ya di seleksi administratif?? Thx in advance.

    • September 13, 2013 at 12:42 pm

      Hai Einstein..

      Sepertinya klo tidak sesuai kualifikasi tidak akan diproses :)

  35. michella putri danastri
    June 13, 2013 at 9:43 am

    mbak, saya chella. saya dari jogja, saya insya allah juga mau ikut tes deplu 2013. doakan ya mbak semoga bisa berhasil juga seperti mbak,

    • September 13, 2013 at 12:47 pm

      Hai Chella..

      Gudluck yahh.. semangat berjuangnyaaa.. Santai aja. Klo mmg jodoh & takdirnya disini pasti dimudahkan kok hehe.. :))

  36. September 27, 2013 at 2:09 am

    hai ka Intan :)
    aku lg mau TKD nih, degdegan hihi :))
    aku daftar PKKRT, tapi manajemen, ga bakal dikasih soal kayak yg jurusan akuntansi kan? kayak soal ka Intan diatas, hehhehe
    aaaaak jadi takut deeeeh
    btw, makasih banyak infonyaaaaa nice blog ;)

    • September 28, 2013 at 4:07 am

      Hai Nuryanda,

      Waduh kurang tahu juga ya.. saya nggak ikut bikin soal hehe.. Ok gudluck. Makasih ya udh leave comment :)

  37. September 27, 2013 at 2:10 pm

    mbak,, saya lolos administrasi ni,, dan bsok tggal 5 tes,, kbetulan saya juga ngambil formasi yg PKKRT, makasih banget tulisan mbak ini sangat membantu..saya mau nanya mbak,, kalo soal-soal buat PKKRT yang keluar berkaitan sama akuntansi semua ya? Kira-kira yang harus dipelajari paling banyak bagian apa ya? Terima kasih :)

    • September 28, 2013 at 4:09 am

      Hai Bernadette..

      Waktu itu ada bbrp soal pilihan ganda & isian singkat ttg substansi diplomasi yg saya gk ngerti sama sekali. Mgkn rajin2 baca berita di website kemlu kali ya..hehe..

      Gudluck :)

  38. September 28, 2013 at 9:58 am

    Hai Kak Intan! Tampaknya post ini selalu laku tiap tahun :D Alhamdulillah ya bermanfaat. Sukses buat teman2 yg akan TKD. Moga lancar. Ujian TKD kali ini berupa CAT yang berbasis komputer. Satu hal lagi di TKD ini blm ada soal terkait substansi, masih umum. Nanti saat TKB kurang lebih baru terkait substansi. Semoga TKB di JI-Expo nti soalnya bukan didominasi akuntansi, kasihan nti teman2 manajemen, adm niaga & negara.

    • September 28, 2013 at 2:17 pm

      Bwahahaha mas Priyo bisa aja :p

      Hayuk teman2 yg mau tes.. monggo disimak itu komen dari staf Biro Kepegawaian Kemlu RI. Gudluck! ((:

  39. October 21, 2013 at 11:30 am

    Mbak Elvitria. kalo mau download laporan keuangan kementerian luar negeri yang sudah di audit dimana ya? terimakasih Mbak

    • October 31, 2013 at 3:57 pm

      Hai Arini,

      Kyknya saya udh jawab yah di fb? Hehe (:

  40. yeoncat
    October 31, 2013 at 3:46 pm

    Mbak intan.. mau tanya penempatan kerja pkkrt tu gimana ya.. sama kayak diplomat ngga? di luar negeri trs dan pindah2 gitu atau d jakarta? Thx (:

    • October 31, 2013 at 3:56 pm

      Hai Yeoncat,

      Pada dasarny sama dgn diplomat.. bedanya adlh pkkrt itu staf non-diplomatik, sama spt petugas komunikasi juga staf non-diplomatik di perwakilan. Tp rotasi ya sistemnya.. 3 tahun di Jkt, 3 tahun di perwakilan, kmudian ke Jkt lagi & begitu seterusnya mgkn sampe pensiun.. hehehe (:

      • yeoncat
        November 1, 2013 at 2:03 pm

        Oh gitu.. mksh banyak infonya mbak ^_^ yg cewe juga gitu ya bakal rotasi trs, berarti nanti jadinya suami yg ngikut k kita dong ya, anak jg ikutan pindah2 *.*
        Keren deh mbak intan ini sbg wanita bisa berani gitu ^^b

      • November 1, 2013 at 2:12 pm

        Hehe iya itulah salah satu hal yg jd penyebab galau massal wanita2 kemlu #halah :p Yah udh resiko dari tugas hehehe.. tapi saya jg sempet galau tuh abis interview, ada di blogpost saya sekitar oktober 2010. Tp tenang aja, apa yg bakal terjadi ya terjadilah ((:

  41. yeoncat
    November 2, 2013 at 6:48 am

    Barusan baca blognya itu mba, suka deh sama kalimat mba yg ini
    “….Dan percayakan saja pada Allah Swt. Kalau Dia merasa aku mampu untuk mengemban tugas ini, tentu akan ada jalan. Dan kalau memang belum rejeki di sini pun, tentu akan ada tempat lain yang jauh lebih baik.”
    Okee jalani dulu aja kali ya, toh jg blm tentu keterima juga aku bsk. Hehe.. kalo misal emg berjodoh sama kemlu smoga mslh suami dan anak itu bisa dimudahkan sama kyk mbak. Aamiin ^^

  42. dinnaafriana
    November 13, 2013 at 2:48 am

    Mbak Elvitria, salam kenal.

    Aku udah mantengin artikel ini semenjak aku lolos tes TKD Kemlu 2013. Cuma belom berani nyapa Mbak, karena belom punya bayangan apakah bakal lolos ke tahap selanjutnya atau gak ;)

    Dan Alhamdulillah, akhirnya minggu ini saya akan berjuang untuk tes tahap akhir Mbak. Mohon didoakan supaya lancar ya :)

    Mbak, kalo untuk interview psikotes dan interview substansi, kira-kira siapa yang bakal meng-interview saya? Dan kira-kira apa yang bakal ditanyakan ke saya ya, Mbak? Kebetulan, saya apply di bidang PKKRT.

    Terima kasih untuk jawabannya, dan have a nice day :)

    • November 15, 2013 at 2:46 am

      Hai Dinna salam kenal. Maaf baru respon.

      Wah semangat yah.. klo mmg jodoh disini pasti lolos (:

      Utk siapa-nya itu random bgt sih ya. Krn saya jg gk inget & gk pernah ketemu lagi sama yg interview saya.. Mungkin krn mereka semua udh berangkat penempatan di Perwakilan di Luar Negeri hehehehe.

      Saya sih dulu waktu iview substansi ditanyain ttg opini audit, akuntansi sektor publik, ditanya ttg skripsi, sama disuruh nyebutin apa aja negara ASEAN. Temen2 yg lain ada yg ditanyain ttg negara yg bebas pajak, dll yg random bgt deh pokoknya hehe. Tp jgn khawatir klo gbs jawab, santai aja & tetep rileks. Paling2 yg sulit ya klo disuruh ngomong Inggris melulu, bisa2 grogi hehe.

      Utk iview psikotes sih lebih santai lagi. Krn cm sekitar kepribadian gitu2 deh.. gk ada pressure.

      Gudluck yah! (:

  43. khalila
    November 21, 2013 at 5:30 pm

    Mbak elvitria, kalau utk tes kesehatannya ngapain aja mbak dulu? Berapa lama? Saya kmrn sudah wawancara, tinggal MCU :D Terimakasih tulisan dan komen2nya sangat membantu selama tes kmrn :)

    • November 23, 2013 at 5:29 am

      Halo Khalila,

      Wah saya dulu nggak ada mcu.. Adanya mcu stlh diterima utk persyaratan pengangkatan pns.

      Alhamdulillah kalo bs bermanfaat :)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: